Home » » Kopi Luwak

Kopi Luwak

Written By Melon Gokil on Minggu, 10 Juni 2012 | 02.02


Sejarah kopi luwak, Kopi yang terkenal didunia karena kenikmatannya. Kopi luwak berasal dari sisa kotoran musang, dan kopi luwak Indonesia yang paling diminati. Dari sejarah kopi luwak (en=civet coffee) adalah sisa kotoran musang atau sering disebut kopi luwak, (sumber para petani kopi).
Luwak adalah sejenis musang dengan nama latin Paradoxurus hermaphroditus merupakan hewan yang sangat umum di Indonesia, meski tak jarang menjadi tersangka hilangnya ayam di perkampungan penduduk, namun sebenarnya makanan kegemaran utamanya adalah buah-buahan. Salah satu kegemarannya adalah memakan buah kopi yang paling matang, sehingga biji hasil dari pencernaanya pun adalah biji kopi pilihan (luwak).
Sistem pencernaan luwak sangat sederhana dan cepat, sehingga pada kotorannya selalu tertinggal biji-bijian yang masih utuh. Mereka memakan buah kopi untuk dicerna kulit atau daging buah kopi namun tidak mencerna bijinya dan dikeluarkan melalui sistem pembuangan pecernaannya. Enzim dalam sistem pencernaan Luwak mampu mengurangi kadar asam pada biji kopi, sehingga biji kopi yang dihasilkan menjadi biji kopi kualitas terbaik.
Penemuan terkait dengan sejarah Indonesia pada masa kolonial Belanda. Pada abad-18 Belanda mendatangkan bibit kopi Arabica dari Yaman untuk ditanam di tanah Jawa dan Sumatera.
Dengan sistem tanam paksa (cultuurstelsel) penduduk pribumi mulai menanam kopi. Namun pihak kolonial melarang petani pribumi untuk memetik buah kopi untuk konsumsi pribadi. Kemudian pekerja perkebunan mulai menemukan bahwa ada sejenis musang yang gemar memakan kopi namun meninggalkan bijinya yang masih utuh dan terbungkus kulit ari dalam
kotorannya.
Pekerja perkebunan mulai memunguti, mencuci, disangrai dan kemudian diseduh dengan air panas. Kenikmatan kopi aromatik ini akhirnya diketahui oleh Belanda sehingga menjadi kopi kegemaran orang Belanda. Karena kopi tersebut sangat langka serta proses pembuatannya yang tak lazim sehingga kopi luwak menjadi kopi yang termahal sejak zaman kolonial.

Pencarian Populer:

sejarah kopi luwak, sejarah kopi luwak indonesia, sejarah kopi luwak di indonesia, sejarah kopi luak, sejarah kopi, sejarah asal usul kopi luwak, sejarah asal kopi luwak, profil kopi luwak, nama latin musang sumatera, menanam kopi
 
Apa itu Kopi Luwak?
Kopi Luwak adalah satu-satunya kopi yang berasal dari fermentasi binatang luwak, yang kemudian biji kopi tersebut dikeluarkan bersamaan di dalam feses luwak tersebut.

Biji kopi di pisahkan dari feses, kemudian di cuci dan dikeringkan. Setelah itu melalui proses roasting dan kemudian di grinder menjadi powder (bubuk) kopi luwak siap seduh. Sesnasi kenikmatan kopi yang luar biasa akan anda rasakan di dalam secangkir kopi luwak ini.

Banyak orang awam yang merasa enggan untuk meminum kopi luwak jika membayangkan bagaimana kopi legendaris ini di proses. Jangan bayangkan proses nya, tapi rasakan aroma, rasa, dan manfaat nya.
Sejarah Kopi Luwak?
Kopi luwak sudah dikenal dari jaman kolonial Belanda. Pada jaman dahulu Indonesia di suruh tanam paksa perkebunan kopi di seluruh dataran Indonesia. Pada saat itu kopi hanya bisa dinikmati oleh para bangsawan. Para petani kopi yang ingin mencicipi nikmatnya kopi, terpaksa harus mengambil biji kopi yang berasal dari kotoran luwak, yang kemudian biji kopi tersebut dibersihkan, di cuci, dan kemudian di masak menjadi biji kopi hitam dengan cara yang tradisional.

Setelah di coba, ternyata kopi yang berasal dari kotoran luwak memiliki rasa dan aroma yang khas dan unik yang tidak dimiliki kopi biasa lain nya. Kenikmatan kopi luwak ini mulai terdengar oleh telinga Belanda, dan kemudian para petani diminta untuk mengumpulkan seluruh biji kopi luwak, dan di proses menjadi kopi siap saji. Sejak itu kopi luwak menjadi minuman khusus para bangsawan pada saat itu, dan sudah terkenal memiliki harga yang sangat mahal.

Kopi Luwak Indonesia adalah kopi luwak terbaik saat ini. Banyak penyedia kopi luwak dari negara-negara tetangga, tapi menurut survey, kopi luwak indonesia tetaplah yang terbaik, baik itu dilihat dari segi tingkat kesuburan tanah, dan kualitas biji kopi nya.
Apa Kopi Luwak itu aman di konsumsi?
Kopi Luwak sangat aman sekali untuk di konsumsi. Bahkan menurut penelitian oleh para ilmuwan di dunia, telah terbukti bahwa kopi luwak yang telah mengalami proses roasting (sangrai) memiliki kandungan bakteri yang lebih sedikit dari pada kopi biasa. Ini membuktikan bahwa kopi luwak ini sangat aman sekali untuk dikonsumsi.
Kopi luwak itu halal atau haram?
Polemik mengenai halal dan haram kopi luwak memang sempat menjadi dilema di kalangan masyarakat Indonesia, sampai akhirnya MUI mengeluarkan fatwa bahwa Kopi Luwak itu Halal dan aman untuk dikonsumsi.

Jika dilihat dari proses nya, kopi luwak yang kita konsumsi itu berasal dari biji lapisan ketiga dari luar biji kopi tersebut, jadi sama sekali tidak terkontaminasi sama kotoran luwak yang tercampur pada biji kopi tersebut. Jadi biji kopi luwak tersebut masih bersih dan aman untuk dikonsumsi.
Jenis kopi luwak apa saja yang di jual oleh JPW Coffee?
JPW Coffee menjual kopi luwak indonesia asli. Kami menjual kopi luwak arabika gayo Aceh Premium Grade dan Kopi Luwak Arabika Peaberry (Gold Grade) bersertifikasi.
Saya melihat JPW Coffee menjual kopi luwak premium Grade dan kopi luwak Gold Grade, apa bedanya?
Kopi luwak Premium Grade adalah kopi luwak yang isinya adalah biji jantan dan betina. Sedangkan kopi luwak Gold Grade adalah kopi luwak jenis PEABERRY (Biji jantan saja). Biji jantan ini jumlah nya sangat sedikit. Di dalam 1kg kopi luwak Premium Grade, biasanya hanya terdapat 50g saja untuk yang jenis PEABERRY.
Kopi luwak PEABERRY ini kami sorting secara manual menggunakan tangan manusia, tidak menggunakan mesin, sehingga kemungkinan lolos biji betina di bawah 1%. Oleh karena itu kami menamakan Kopi Luwak Gold Grade. Karena memang secara kualitas diatas Kopi luwak Premium Grade.
Dari segi aroma dan rasa, Kopi luwak Gold Grade lebih Intense, lebih full body dan lembut, dan Excellent After Taste.
Jika di Scoring, Kopi Luwak Premium Grade mendapat score 9, dan Kopi Luwak Gold Grade mendapat Score 10.
Apakah Kopi Luwak yang anda jual asli?
Kami berani menjamin kopi luwak indonesia yang kami jual 100% Kopi Luwak Indonesia Asli. Jika anda menemukan Kopi Luwak JPW Coffee tidak asli, atau anda menemukan kopi luwak indonesia kami telah di campur oleh bahan lain, kami berani memberikan garansi uang kembali 100%.

JPW Coffee juga sudah memiliki sertifikat resmi dari DINKES dan SUCOFINDO untuk menjamin keaslian produk Kopi luwak indonesia kami.
Apa kelebihan JPW Coffee dibandingkan penjual kopi luwak lain nya?
15 Alasan mengapa anda harus membeli Kopi Luwak di JPW Coffee:
  1. Kualitas Kopi Luwak Grade A (Premium Grade) dan Kopi Luwak Grade A+ (Gold Grade)
  2. 100% Pure Kopi Luwak Arabika Aceh Gayo – Indonesia
  3. Kebersihan kopi luwak dan proses produksi kopi luwak sesuai dengan SOP yang benar
  4. Bebas bakteri berbahaya untuk kesehatan
  5. Kopi Luwak JPW Coffee aman untuk penderita maag dan jantung
  6. 100% Kopi Luwak Arabika murni. Tanpa campuran bahan lain dan jenis kopi lain sedikitpun
  7. Telah melayani konsumen dari berbagai negara seperti USA, Taiwan, Singapore, Malaysia, Thailand, German, Belanda, Perancis, Italia
  8. Sudah berpengalaman lebih dari 3 tahun di bisnis kopi luwak
  9. Pelayanan yang cepat terhadap konsumen
  10. Harga kopi luwak relatif murah
  11. Pengambilan kopi luwak dapat datang ke kantor kami, atau kami kirim ke tempat anda
  12. JPW Coffee memiliki badan usaha resmi yaitu PT. JPW INDONESIA, sehingga kualitas dan profesionalitas kami terjamin
  13. JPW Coffee memiliki manajemen yang rapi dan konsep marketing yang jelas
  14. Support terbaik terhadap reseller dan end user
  15. Kopi Luwak JPW Coffee telah di coba oleh beberapa barista, dan tidak ada yang kecewa terhadap kualitas kopi luwak JPW Coffee
Saya banyak menemukan penjual kopi luwak lain menjual dengan harga lebih murah dari anda, mengapa anda lebih mahal?
Harga yang kami tawarkan sudah sangat sesuai dengan kualitas kopi luwak premium grade yang akan anda dapat. Kami memproduksi dengan cara yang benar, dengan alat-alat yang terbaik. Kami juga berani memberikan garansi 100% uang kembali jika kopi luwak kami palsu atau tidak murni.

Dengan jaminan kualitas dan garansi, kami rasa harga tersebut sudah sangat pantas sekali. Bandingkan jika anda meminum kopi luwak di cafe yang 1 cangkir mencapai 100rb lebih.
Oke..saya minat untuk membeli Kopi Luwak dari JPW Coffee, bagaimana caranya?
  1. Silahkan anda lihat daftar harga JPW Coffee DISINI
  2. Anda transfer sesuai dengan harga yang tertera + ongkos kirim (free ongkir untuk pemesanan minimal 200g)
  3. Konfimasikan transfer anda melalui SMS/telepon ke: 021 93333 693 atau 0878787 77 119
  4. SMS / email alamat anda ke 021 93333 693 atau 0878787 77 119 atau email ke info@jpwcoffee.com
Bagaimana cara pengiriman produk Kopi luwak Indonesia yang telah dibeli?
  1. Anda melakukan transfer terlebih dahulu ke rekening JPW Coffee sesuai dengan harga yang tertera
  2. Barang akan dikirim menggunakan POS Indonesia, JNE, atau TIKI
  3. Barang sampai 1-3 hari kerja
  4. Gratis ongkos kirim untuk pembelian minimal 200g
Klik Bintang Di Bawah Ini :

Ditulis Oleh : Melon Gokil | Everything | About Facts | Mystery | Secret | News | Software

Artikel Kopi Luwak ini diposting oleh Melon Gokil pada tanggal Minggu, 10 Juni 2012. Terimakasih telah mengunjungi blog saya. Semoga Bermanfaat. Dan Jangan Lupa Komentar dan Like Fans Page Kami.

:: Get this widget ! ::

2 komentar:

Spoiler Untuk lihat komentar yang masuk:
Anonim mengatakan...

melon - gokil i think this is the good blog for other. full informtion. i loves indonesia people

Anonim mengatakan...

Atikel copas mantap juga, saya tidak melarang copas asal sourch dicantumkan, http://kopiluwakamstirdam.com/sejarah-kopi-luwak-indonesia/


Posting Komentar

comment it